Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online pada Shopee

Safira, Safira and ., H. Ali Chaerudin, SE.,MSi (2024) Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online pada Shopee. ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
SAFIRA - HALAMAN JUDUL.docx

Download (225kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
SAFIRA - ABSTRAK.docx

Download (48kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
SAFIRA - BAB I.docx

Download (52kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
SAFIRA - BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
SAFIRA - BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (664kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
SAFIRA - BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
SAFIRA - BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SAFIRA - DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (51kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SAFIRA - LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
SAFIRA - JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh persepsi risiko, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian barang secara online pada Shopee baik secara parsial maupun simultan. Desain penelitian ini menggunakan metode asosiatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu penelitian lapangan dan kepustakaan dengan menyebarkan angket kuesioner. Data penelitian menggunakan 100 responden yang pernah melakukan transaksi di Shopee dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Metode yang digunakan yaitu non probability sampling dengan berfokus pada pengguna Shopee yang berusia minimal 17 tahun ke atas dan tinggal di Kota Tangerang Selatan. Skala pengukuran instrumen penelitian menggunakan format Skala Likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji SEM-PLS diantaranya: uji validitas, reliabilitas, dan diagram jalur. Hasil analisis menunjukkan persepsi risiko berpengaruh positif namun tidak signifikan dengan nilai path coefficients sebesar 0,069 dan nilai T-Statistic <1,96 yaitu sebesar 1,372 serta nilai P Values >0.05 yaitu sebesar 0,171. Adapun untuk variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian barang dengan nilai path coefficients sebesar 0,306 dan nilai T-Statistic >1,96 yaitu sebesar 2,534 serta nilai P Values <0.05 yaitu sebesar 0,012. Disamping itu, kualitas pelayanan juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian barang dengan nilai path coefficients sebesar 0,563 dan nilai T-Statistic >1,96 yaitu sebesar 4,859 serta nilai P Values <0.05 yaitu sebesar 0,000 serta antara persepsi risiko, kepercayaan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian barang dengan nilai R Square sebesar 0.714 atau 71,4% yang berarti pengaruh antar variabel secara simultan sangat kuat dan sisanya (28,6%) dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada pada penelitian ini

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Persepsi Risiko, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Sisri Agustin
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:23
Last Modified: 11 Feb 2025 04:23
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item
View Item