Perancangan Desain Komunikasi Visual Untuk Promosi Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Kalimantan Utara

Sadewa, Yoki and ., Samodro S. Sn., M.Hum. and ., Widodo, S.Pd., M.Pd. (2024) Perancangan Desain Komunikasi Visual Untuk Promosi Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Kalimantan Utara. ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
HALAMAN JUDUL - YOKI BAGUS SADEWA.docx

Download (443kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - YOKI BAGUS SADEWA.docx

Download (41kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - YOKI BAGUS SADEWA.docx

Download (45kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - YOKI BAGUS SADEWA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - YOKI BAGUS SADEWA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - YOKI BAGUS SADEWA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - YOKI BAGUS SADEWA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI - YOKI BAGUS SADEWA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - YOKI BAGUS SADEWA.docx

Download (50kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - YOKI BAGUS SADEWA.docx
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (LAZNAS BMH) Kalimantan Utara memiliki peran penting dalam menghimpun dan menyalurkan zakat untuk kesejahteraan umat. Untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam berzakat, diperlukan strategi komunikasi visual yang efektif. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang desain komunikasi visual yang dapat memperkuat citra BMH, memberikan edukasi zakat dan mendorong kesadaran masyarakat dalam berzakat. Proses perancangan dilakukan dengan pendekatan desain yang holistik atau secara keseluruhan, meliputi analisis target audiens, pemilihan media promosi yang tepat, serta penerapan prinsip-prinsip desain yang sesuai dengan identitas BMH. Hasil perancangan mencakup berbagai media promosi seperti video promosi, feed media sosial, brosur, banner, mug, tumbler, kaos, pind dan gantungan kunci, yang dirancang dengan estetika yang menarik dan pesan yang jelas. Desain-desain ini dirancang tidak hanya untuk memperkenalkan BMH kepada masyarakat luas, tetapi juga untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat untuk aktif berzakat. Pennggunaan elemen visual seperti warna, tipografi, dan layout yang konsisten dengan identitas BMH sangat efektif dalam menciptakan kesan yang profesional dan dapat dipercaya. Selain itu, pesan-pesan yang disampaikan melalui media promosi ini mampu memberikan edukasi tentang urgensi dari ibadah zakat, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program zakat. Dengan demikian, perancangan desain komunikasi visual ini diharapkan dapat menjadi contoh penerapan strategi komunikasi yang efektif bagi lembaga-lembaga zakat lainnya. Lebih lanjut, perancangan ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya desain visual dalam kegiatan promosi di Lembaga Amil Zakat.

Kata Kunci: Perancangan, Desain Komunikasi Visual, Promosi, Lembaga Amil Zakat, LAZNAS BMH.

Item Type: Other
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Desain Komunikasi Visual S1
Depositing User: Khalifafachri Albi
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:37
Last Modified: 13 Feb 2025 07:37
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item