Rebranding "Alsahid Sasirangan" Sebagai Salah Satu Produsen Kain Motif Khas Banjar Kalimantan Selatan

Setiawan, Anjas and ., Lyscha Novitasari, S.Sn., M.Ds. and ., Zul Fiqri, S.Pd., M.Sn. (2024) Rebranding "Alsahid Sasirangan" Sebagai Salah Satu Produsen Kain Motif Khas Banjar Kalimantan Selatan. ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1. Halaman Cover.docx

Download (431kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.docx

Download (67kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. Bab 1.docx

Download (70kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. Bab 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. Bab 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. Bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. Bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
8. Bab 6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.docx

Download (50kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy

Abstract

Sasirangan sendiri berasal dari kata Banjar, yaitu “sirang” atau “menyirang” yang berarti "menjahit bersama“. Sasirangan adalah Kain Tradisional Kalimantan Selatan dengan Motif khas Banjar. Setiap motif dalam Sasirangan sering kali memiliki makna dan cerita di baliknya, dan kain ini sering digunakan dalam berbagai acara adat, upacara, atau kegiatan sehari-hari di Kalimantan Selatan. Sasirangan juga merupakan bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Motif-motif yang umum ditemukan dalam Sasirangan mencerminkan kekayaan budaya dan alam Indonesia. Perancangan rebranding ini berawal dari hasil wawancara terhadap pemilik UMKM alsahid Sasirangan yang menginginkan adanya identitas visual yang baru dan dapat lebih merepresentasikan produknya. Metode Perancangan yang digunakan melalui pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Melalui tahapan analisi tersebut, bahwa perlu adanya perancangan rebranding dengan positioning yang tepat dan dengan visual yang lebih mengambarkan citra alsahid Sasirangan, yaitu simple. Elegan dan kental akan kearifan lokalnya khas Banjar Kalimantan Selatan, supaya dapat memberikan pesan melalui identitas visualnya kepada konsumennya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Sasirangan, representasi, rebranding, citra produk.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Desain Komunikasi Visual S1
Depositing User: Khalifafachri Albi
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:00
Last Modified: 13 Feb 2025 03:00
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item