Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Ilhammia, Adinda Faira and ., Dr. Yeni Oktaviani, S.E.I., M.A. Ek (2025) Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). Other thesis, ITB Ahmad Dahlan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
ADINDA FAIRA - HALAMAN JUDUL.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ADINDA FAIRA - ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
ADINDA FAIRA - BAB I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
ADINDA FAIRA - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
ADINDA FAIRA - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
ADINDA FAIRA - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
ADINDA FAIRA - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ADINDA FAIRA - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
ADINDA FAIRA - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
ADINDA FAIRA - JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan merupakan cerminan dari tingkat kepercayaan yang diperolehnya dari masyarakat umum selama bertahun-tahun, dari didirikan hingga saat ini, Menaikkan valuasi perusahaan merupakan salah satu prestise yang sesuai dengan keinginan pemiliknya, karena kesejahteraan pemilik meningkat seiring dengan kesuksesan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap Nilai Perusahaan manufaktur sektor Farmasi. Metode penelitian menggunakan purposive sampling dengan analisis regresi data panel. Hasil menunjukan bahwa Faktor Internal yang di proyeksikan dengan Total Aset dan PER secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan terbukti dari nilai t-statistic 3.543345 untuk ukuran perusahaan dan 2.336706 untuk growth opportunity lebih besar dari nilai Ttable 1.68385. Faktor eksternal (nilai tukar, suku bunga) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan terbukti dari nilai t-statistic -0.419447 untuk variabel nilai tukar dan -0.357709 untuk variabel suku bunga lebih kecil dari nilai Ttable 1.68385.Secara simultan faktor internal (ukuran perusahaan, growth opportunity) dan faktor eksternal (nilai tukar dan suku bunga) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai F statistic lebih besar dari Ftable sebesar 14.429 > 2.61 dan nilai Prob (F-statistic) lebih kecil dari taraf signifikasi α s 0.0140 < 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Growth Opportunity, Nilai Tukar, Suku Bunga, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Sisri Agustin
Date Deposited: 21 Jul 2025 01:47
Last Modified: 22 Jul 2025 01:25
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item