Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Johnson di Aplikasi Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Tangerang Selatan)

Suditama, Ananda Fiqih and ., Dr. Pitri Yandri, SE,M.Si (2024) Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Johnson di Aplikasi Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Tangerang Selatan). ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - HALAMAN JUDUL.docx

Download (242kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - ABSTRAK.docx

Download (47kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - BAB I.docx

Download (56kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (50kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
ANANDA FIQIH SUDITAMA - JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi risiko, kepercayaan merek, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk Brand Johnson di aplikasi online shop Shopee, dengan studi kasus pada pengguna Shopee di Tangerang Selatan. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif dan SEM-PLS, penelitian ini melibatkan 105 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. kepercayaan merek secara simultan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi risiko mencakup kekhawatiran konsumen terkait kerugian finansial, kualitas produk, dan keamanan transaksi. Kepercayaan merek dibangun melalui keyakinan konsumen terhadap janji merek dalam memenuhi harapan mereka. Kualitas pelayanan dinilai dari aspek keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang diberikan oleh Shopee. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian, Brand Johnson perlu fokus pada pengelolaan persepsi risiko, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan memastikan kualitas pelayanan yang tinggi di platform Shopee. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan e-commerce dan pemilik merek dapat meningkatkan strategi pemasaran mereka dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Promosi dan Diskon, Pengalaman Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Sisri Agustin
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:22
Last Modified: 12 Feb 2025 07:22
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item
View Item