Perancangan Desain Komunikasi Visual Antarmuka Aplikasi "Komperakit" untuk Informasi dan Edukasi Tentang Rakit Komputer

Hadzami, Dimas and ., Muhamad Istijar, S.Sos., M.Ikom and ., Yoga Rarasto Putra, S.Sn., M.Ds. (2024) Perancangan Desain Komunikasi Visual Antarmuka Aplikasi "Komperakit" untuk Informasi dan Edukasi Tentang Rakit Komputer. ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta. (In Press)

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1. halaman Cover.docx

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.docx

Download (39kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB 1.docx

Download (96kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
8. BAB 6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.docx

Download (42kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
10. Lampiran.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain komunikasi visual antarmuka aplikasi "Komperakit" yang bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi tentang rakit komputer. Latar belakang penelitian menyoroti kurangnya pemahaman tentang spesifikasi dan perakitan komputer di kalangan masyarakat Indonesia, meskipun penggunaan komputer terus meningkat dari tahun ke tahun. Metode penelitian ini melibatkan perancangan tampilan antarmuka (UI) yang memperhatikan kebutuhan pengguna seperti pelajar dan pekerja. Penggunaan aplikasi smartphone sebagai medium untuk menyajikan informasi dan edukasi mengenai rakit komputer menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi yang ada saat ini cenderung fokus pada isi materi dengan tampilan yang lebih terpusat pada teks. Kurangnya aspek visual dan kurangnya fitur pendukung yang menarik dapat mengurangi daya tarik dan kenyamanan pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan aplikasi yang menarik dan informatif dalam menyampaikan informasi tentang komputer dan proses rakit komputer. Pengetahuan ini diharapkan dapat membantu pengguna, terutama pelajar dan pekerja, dalam membuat keputusan yang tepat terkait dengan pemilihan dan perakitan komputer sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Dengan demikian, aplikasi "Komperakit" diharapkan dapat menjadi sumber daya yang berharga bagi pengguna dalam memahami komputer dan meningkatkan keterampilan dalam merakit komputer sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Antarmuka Aplikasi, Edukasi, Rakit Komputer.

iv

Item Type: Other
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Teknik dan Desain > Desain Komunikasi Visual S1
Depositing User: Khalifafachri Albi
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:59
Last Modified: 13 Feb 2025 04:59
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item
View Item