Amran, Amran and ., Aminudin, SE., M.M., M.Si. (2025) Pengaruh Implementasi Sistem Blended Learning Pada Peningkatan Motivasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien di SMK Muhammadiyah Longkali Kalimantan. Skripsi thesis, ITB Ahmad Dahlan.
![HALAMAN JUDUL [thumbnail of HALAMAN JUDUL]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - HALAMAN JUDUL.pdf
Download (550kB)
![ABSTRAK [thumbnail of ABSTRAK]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - ABSTRAK.pdf
Download (46kB)
![BAB I [thumbnail of BAB I]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - BAB I.pdf
Download (216kB)
![BAB II [thumbnail of BAB II]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (331kB) | Request a copy
![BAB III [thumbnail of BAB III]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB) | Request a copy
![BAB IV [thumbnail of BAB IV]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (572kB) | Request a copy
![BAB V [thumbnail of BAB V]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (161kB) | Request a copy
![DAFTA R PUSTAKA [thumbnail of DAFTA R PUSTAKA]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (191kB)
![LAMPIRAN [thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (899kB) | Request a copy
![NASKAH PUBLIKASI [thumbnail of NASKAH PUBLIKASI]](https://repository.itb-ad.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AMRAN - JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (449kB) | Request a copy
Abstract
Artikel ini membahas penerapan metode pembelajaran Blended Learning di SMK Muhammadiyah Longkali, sebuah sekolah yang menghadapi tantangan geografis, keterbatasan sarana, dan kurangnya tenaga pengajar. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, artikel ini mengidentifikasi masalah-masalah utama yang dihadapi oleh sekolah, termasuk kurangnya pemahaman siswa terhadap teknologi pembelajaran daring, kejenuhan dalam pembelajaran tatap muka, serta kekurangan tenaga pengajar. Sebagai solusi, program Asistensi Mengajar dari ITB Ahmad Dahlan Jakarta memperkenalkan metode Blended Learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan penggunaan teknologi. Implementasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa, memudahkan pemahaman materi, dan mengadaptasi pendidikan terhadap perkembangan teknologi. Artikel ini juga menguraikan metode kegiatan yang dilakukan, termasuk pelatihan persiapan, penyusunan materi, serta evaluasi hasil kegiatan. Evaluasi menunjukkan bahwa metode Blended Learning efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di era pasca pandemi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, SMK Muhammadiyah Longkali, Asistensi Mengajar ITB AD Jakarta |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Sisri Agustin |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 04:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 04:39 |
URI: | https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/672 |