Pengaruh Implementasi Sistem Blended Learning Pada Peningkatan Motivasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien di SMK Muhammadiyah Longkali Kalimantan

Amran, Amran and ., Aminudin, SE., M.M., M.Si. (2025) Pengaruh Implementasi Sistem Blended Learning Pada Peningkatan Motivasi Pembelajaran yang Efektif dan Efisien di SMK Muhammadiyah Longkali Kalimantan. Skripsi thesis, ITB Ahmad Dahlan.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
AMRAN - HALAMAN JUDUL.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
AMRAN - ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
AMRAN - BAB I.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
AMRAN - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
AMRAN - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
AMRAN - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
AMRAN - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTA R PUSTAKA] Text (DAFTA R PUSTAKA)
AMRAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
AMRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
AMRAN - JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

Artikel ini membahas penerapan metode pembelajaran Blended Learning di SMK Muhammadiyah Longkali, sebuah sekolah yang menghadapi tantangan geografis, keterbatasan sarana, dan kurangnya tenaga pengajar. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, artikel ini mengidentifikasi masalah-masalah utama yang dihadapi oleh sekolah, termasuk kurangnya pemahaman siswa terhadap teknologi pembelajaran daring, kejenuhan dalam pembelajaran tatap muka, serta kekurangan tenaga pengajar. Sebagai solusi, program Asistensi Mengajar dari ITB Ahmad Dahlan Jakarta memperkenalkan metode Blended Learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan penggunaan teknologi. Implementasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa, memudahkan pemahaman materi, dan mengadaptasi pendidikan terhadap perkembangan teknologi. Artikel ini juga menguraikan metode kegiatan yang dilakukan, termasuk pelatihan persiapan, penyusunan materi, serta evaluasi hasil kegiatan. Evaluasi menunjukkan bahwa metode Blended Learning efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di era pasca pandemi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, SMK Muhammadiyah Longkali, Asistensi Mengajar ITB AD Jakarta
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Sisri Agustin
Date Deposited: 26 Jul 2025 04:39
Last Modified: 26 Jul 2025 04:39
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item