Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Marketplace Shopee Wilayah Tangerang Selatan

Maulana, Mohammad Alief and ., Sutia Budi, S.E, M.Si (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Marketplace Shopee Wilayah Tangerang Selatan. ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - HALAMAN JUDUL.docx

Download (232kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - ABSTRAK.docx

Download (46kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - BAB I.docx

Download (83kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (53kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
MOHAMMAD ALIEF MAULANA - JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi era digital dan perkembangan e-commerce, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada platform e-commerce Shopee. Pandemi Covid-19 dan revolusi industri 4.0 telah mengubah paradigma perilaku konsumen, khususnya di daerah Tangerang Selatan. Fokus penelitian melibatkan pengguna Shopee di wilayah tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif.yang mana data dikumpulkan selama periode lima bulan, dari September 2023 hingga Januari 2024, melibatkan responden yang merupakan pengguna Shopee di Tangerang Selatan, dengan total sebanyak 100 responden. Variabel utama penelitian adalah kualitas produk, harga, dan loyalitas pelanggan. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengevaluasi dampak variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Shopee. Kualitas produk terbukti menjadi faktor utama dalam membentuk persepsi positif pelanggan terhadap platform, sementara harga yang dianggap wajar dan memberikan nilai tambah juga berkontribusi signifikan terhadap tingkat loyalitas. Secara simultan kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Shopee. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi pemasaran dan produk guna mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Serta bagi Marketplace Shopee Wilayah Tangerang Selatanpada aspek kualitas produk, untuk menjaga dan mempertahankannya karena kualitas produk memainkan peran sentral dalam memperkuat loyalitas pelanggan pada platform belanja online Shopee.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Online Shop, Shopee.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Sisri Agustin
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:16
Last Modified: 11 Feb 2025 04:16
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item
View Item