Pengaruh Ekuitas Merek, Persepsi Kualitas dan Promosi Mulut ke Mulut Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di ITB Ahmad Dahlan Jakarta

Rohalia, Zahra Renata and ., Tito Siswanto, SE., M.M (2024) Pengaruh Ekuitas Merek, Persepsi Kualitas dan Promosi Mulut ke Mulut Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di ITB Ahmad Dahlan Jakarta. ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
HALAMAN JUDUL - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx

Download (233kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx

Download (39kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx

Download (51kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (617kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx

Download (44kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
JURNAL - ZAHRA RENATA ROHALIA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek, persepsi kualitas, dan promosi mulut ke mulut terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta. Dalam persaingan yang ketat di dunia pendidikan, faktor-faktor tersebut menjadi penentu penting dalam proses pengambilan keputusan oleh calon mahasiswa. Ekuitas merek mencerminkan kekuatan suatu merek yang diperoleh melalui pengalaman dan persepsi konsumen dari waktu ke waktu, sehingga merek yang kuat akan memudahkan konsumen dalam menelusuri dan memilih produk atau jasa, termasuk dalam konteks pendidikan tinggi. Persepsi kualitas berkaitan dengan bagaimana kualitas produk atau jasa diharapkan oleh konsumen, yang akan memengaruhi efektivitas promosi yang dilakukan oleh institusi pendidikan. Promosi mulut ke mulut, sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS untuk menganalisis data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek dan persepsi kualitas berpengaruh secara signifikan dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi ini, sementara promosi mulut ke mulut tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi manajemen pemasaran perguruan tinggi dalam meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak mahasiswa di masa depan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: ekuitas merek, persepsi kualitas, promosi mulut ke mulut, keputusan mahasiswa, Itb Ahmad Dahlan Jakarta
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Sisri Agustin
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:29
Last Modified: 14 Feb 2025 07:29
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item
View Item