Pengaruh Influencer Endorsement, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) dan Customer Experience Terhadap Purchase Intention Pada Platform Tiktok Brand Erigo (Studi Kasus Konsumen di Kota Tangerang Selatan)

Aldiansyah, Aldiansyah and ., Muhammad Zulkifli., S.E., M.SI. (2024) Pengaruh Influencer Endorsement, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) dan Customer Experience Terhadap Purchase Intention Pada Platform Tiktok Brand Erigo (Studi Kasus Konsumen di Kota Tangerang Selatan). ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jakarta.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
ALDIANSYAH - HALAMAN JUDUL.docx

Download (355kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ALDIANSYAH - ABSTRAK.docx

Download (48kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
ALDIANSYAH - BAB I.docx

Download (60kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
ALDIANSYAH - BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
ALDIANSYAH - BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
ALDIANSYAH - BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
ALDIANSYAH - BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ALDIANSYAH - DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (52kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
ALDIANSYAH - LAMPIRAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[thumbnail of JURNAL] Text (JURNAL)
ALDIANSYAH - JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer Endorsement, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), dan Customer Experience terhadap purchase intention konsumen pada platform TikTok, dengan fokus pada brand Erigo di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SEM-PLS untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel influencer berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap niat membeli dengan nilai path coefficient sebesar 0.501, nilai T-Statistic lebih kecil dari 1.96 (yaitu 0.244), dan nilai P-Value lebih besar dari 0.05 (yaitu 0.808), sehingga Ha1 ditolak. Sementara itu, electronic word of mouth (e-WOM) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli, dengan nilai path coefficient sebesar 0.308, nilai T-Statistic sebesar 3.421 (lebih besar dari 1.96), dan nilai P-Value sebesar 0.001 (lebih kecil dari 0.05), sehingga Ha2 diterima. Pengalaman pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli, dengan nilai path coefficient sebesar 0.510, nilai T-Statistic sebesar 5.269, dan nilai P-Value sebesar 0.001, sehingga Ha3 diterima. Secara simultan, variabel-variabel influencer endorsement (X1), electronic word of mouth (X2), dan customer experience (X3) secara bersama-sama mempengaruhi purchase intention (Y) sebesar 64%, yang ditunjukkan oleh nilai R-Square sebesar 0.64 (kategori kuat). Ini berarti 64% dari niat membeli dapat dijelaskan oleh variabel-variabel tersebut, sementara 36% sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa meskipun seluruh variabel memiliki pengaruh positif terhadap niat membeli, influencer endorsement (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Influencer Endorsement, Electronic Word Of Mouth, Customer Experience, Purchase Intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Sisri Agustin
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:44
Last Modified: 14 Feb 2025 02:44
URI: https://repository.itb-ad.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item
View Item